Taman dan hutan kota merupakan paru-paru kita, termasuk bagi warga Salatiga. Kota kecil yang berada di kaki Gunung Merbabu, Jawa Tengah mempunyai keduanya sekaligus.

Terletak di Jalan Lingkar Selatan, Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, dua tempat rekreasi yang diresmikan 28 Desember 2017 ini, berjarak tujuh kilometer dari pusat Kota Salatiga, berbatasan dengan Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Sebelum memasuki Taman Kota Salatiga, sebuah pesawat milik TNI AU menyambut pengunjung.

Taman seluas 3,7 hektare ini menyesuaikan dengan kontur tanah kawasan Bendosari yang turun naik. Sebuah kandang besar yang dihuni burung kakak tua, kalkun, ayam kate, dan lain-lain berdampingan dengan jejeran pinus. Buah durian menunggu jatuh atau dipetik tangan-tangan manusia. Ayunan, enjot-enjotan, serta berbagai fasilitas permainan anak di bawah rindang pepohonan.

Taman Kota Salatiga memang menyediakan arena olahraga beratap, agar aktivitas membugarkan tubuh tak terkendala bila hujan. Biasanya orang-orang dewasa memanfaatkannya untuk senam bersama, sementara anak-anak mereka asyik bermain.

Jogging track juga ada untuk mereka yang ingin olahraga lari. Kolam-kolam berteratai tampak dari kejauhan, di bagian belakang taman yang kontur tanahnya menurun. Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dikelola Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga ini buka 24 jam secara gratis.

Tepat di seberang taman, Hutan Kota Salatiga berada. Pohon-pohon pinus mendominasi hutan seluas tiga hektare ini. Selain tempat rekreasi tak berbayar, keberadaan Taman dan Hutan Kota Salatiga sangat vital, mengingat kota kecil ini adalah daerah resapan air dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Jawa Tengah.

Bagaimana ke Salatiga? bisa order joglosemar di travelista sob … jangan sungkan langsung Whatsapp aja di http://bit.ly/travelistaid



sumber : inews ‚Äč