Memilih-milih agen umrah penting untuk menghindari peristiwa jemaah telantar di Tanah Suci. Bila keliru memilih agen umrah, alih-alih beribadah dengan tenang, jemaah justru dihadapkan masalah yang menguras tenaga dan pikiran.

Persoalan yang biasanya dihadapi jemaah adalah jadwal penerbangan yang maju-mundur, hotel yang tak sesuai dengan perkiraan, hingga visa yang tak kunjung jadi. Hal semacam ini terjadi kerap kali karena agen umrah tidak memberikan info transparan sebelumnya. Beberapa waktu lalu, Kementerian Agama merilis tip umrah aman untuk jemaah Indonesia.

Sejumlah agen travel, yang membuka stan dalam pameran Garuda Indonesia Travel Fair Jakarta 2017, juga turut memberikan tip. Berikut ini himpunan tip memilih agen umrah supaya tidak tertipu.

  1. Mengecek izin travel

Izin yang dimaksud ialah yang dikeluarkan secara resmi oleh Kementerian Agama. Agen resmi dan tidak bandel bakal memperpanjangnya per 3 tahun. Sebelum tersihir dengan iming-iming harga dan fasilitas yang ditawarkan, tak ada salahnya calon jemaah menanyakan hal itu kepada pihak agen.

  1. Minta kejelasan soal maskapai penerbangan

Jangan sampai informasi yang diperoleh sifatnya sumir atau tak pasti. Tanyakan kepada agen, mereka akan memberangkatkan jemaah dengan maskapai penerbangan apa.

  1. Pastikan jadwalnya

Misalnya tanggal berapa dan pukul berapa pesawat terbang hingga tanggal berapa dan pukul berapa jemaah pulang ke Indonesia. Yang kerap terjadi, orang hanya memperoleh informasi bulan apa mereka bakal berangkat. Hal ini mengindikasikan agen masih berusaha memenuhi kuota peserta dan memungkinkan terjadinya pengunduran jadwal.

  1. Mintalah keterangan tentang visa

Visa akan didapat kalau agen perjalanan punya izin resmi dari pemerintah. Bila agen tidak berizin, pemerintah tidak akan mengeluarkan visa buat para calon jemaah.

  1. Pertimbangkan jarak hotel dengan lokasi ibadah

Kadang jemaah tertipu dengan hal ini. Misalnya agen perjalanan menyebut lokasi hotel sangat dekat, hanya 1-2 kilometer. Padahal, keadaan di Tanah suci berbeda dengan Indonesia. Jalanan sepanjang 1-2 kilometer bisa dipenuhi jutaan orang (di musim haji) yang ingin beribadah. Alhasil, untuk menjangkau lokasi, perlu waktu berjam-jam.

Karena itu, calon jemaah disarankan memilih agen perjalanan yang menyediakan hotel di ring satu, yakni yang hanya berjarak beberapa meter dengan lokasi ibadah.

 

Sumber : Tempo.co