Belum pernah naik kereta api karena citra si roda besi ini di masa lalu? Dulu, naik kereta api memang kurang nyaman karena berbagai hal. Namun sekarang kereta api sudah berubah, dan menjadi salah satu kendaraan umum dengan pelayanan mumpuni dan tingkat kenyamanan yang tidak diberikan oleh angkutan lain.

Selain harga tiketnya lebih murah, dengan kereta api kamu dapat menempuh perjalanan ke banyak kota yang tak terjangkau oleh pesawat terbang. Angkutan yang satu ini juga bebas dari macet dan saat ini bisa dipastikan akan selalu tepat waktu. Sehingga bisa kamu andalkan untuk perjalanan ke tujuan manapun.

Nah, buat kamu yang baru pertama kali naik kereta api dan masih bingung dengan sistem terbaru dari PT KAI, beberapa panduan berikut bisa jadi pegangan kamu sebelum berangkat nanti.

Tiket Bisa Dipesan Online

Dulu tiket kereta api hanya bisa dibeli di hari keberangkatan dan antriannya panjang sekali. Belum lagi kalau ada calo yang bertebaran, calo biasanya membeli banyak tiket dan menjualnya kembali dengan menawarkan harga dengan nilai yang lebih mahal kepada penumpang yang kehabisan Kereta api

Sekarang pemandangan seperti itu tidak akan kamu temui di stasiun kereta api manapun. Pembelian tiket kereta api bisa dilakukan di mana saja, tidak hanya di stasiun. Kamu bisa membelinya di minimarket, loket-loket yang ditunjuk, dan juga secara online.

Membeli tiket online-nya pun sangat mudah, kamu bisa membelinya melalui travel agen online seperti Traveloka. Sebagai agen resmi PT KAI, travel agen ini ?memberikan kecepatan dan keamanan yang sangat baik. Kamu bisa mengandalkan Online Travel Agent ini sebagai rekan liburan dan aktifitas perjalanan keluarga kamu, setiap saat. Pilih kereta dan tujuannya, berapa jumlah tiket yang dibeli, bayar dan bukti pembelian pun dikirim lewat e-mail dan SMS. Selesai! Gampang banget kan?

Pilih Sendiri Tempat Dudukmu

Enaknya membeli tiket kereta api secara online adalah kamu bisa memilih sendiri tempat duduk yang kamu inginkan. Setelah memilih tujuan dan nama kereta, akan muncul pilihan kursi / seat yang tersedia. Pilih mana yang paling kamu suka, di kursi mana dan gerbong berapa. Baru setelah itu lanjutkan ke menu pembayaran.

Ada Check In Juga Loh

Tak hanya pesawat terbang yang memberlakukan proses check in penumpang. Stasiun kereta api pun saat ini juga melakukan proses ini, sehingga hanya penumpang yang bisa masuk ke dalam stasiun.

Caranya pun mudah. Begitu sampai di stasiun, langsung saja menuju tempat cetak tiket yang ada di sana. Siapkan nomor atau barcode bukti transaksi kamu, dan masukkan nomornya di kolom layar tempat cetak tiket. Hanya dalam beberapa detik, tiket kamu sudah ada di tangan.

Setelah itu siapkan tiket dan kartu identitas kamu sesuai dengan yang digunakan ketika pendaftaran diawal. Lalu serahkan kedua bukti kepada petugas check in, setelah itu kamu bisa masuk ke ruang tunggu stasiun.

Agar tidak terlambat, lakukan check in paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta.

Refund Tiket, Bisa!

Batal berangkat karena alasan yang sangat urgent? Tidak perlu panik, kamu bisa melakukan proses refund tiket kereta api dengan cara yang sangat mudah.

Siapkan tiket dan kartu identitas kamu, lalu bawalah ke customer service PT KAI di stasiun terdekat. Kalau kamu berhalangan, bisa dikuasakan ke orang terpercaya dengan surat bermaterai.

Refund tiket bisa dilakukan maksimal 30 menit sebelum keberangkatan kereta api. Lebih dari itu maka tiket kamu bakal hangus dan tidak bisa dipindah tangankan.

Uang hasil proses refund sendiri akan dikembalikan ke rekening tabungan kamu, maksimal 30 hari setelah tanggal refund diminta. Jangan lupa, ada potongan 25% dari pihak KAI untuk tiket yang batal digunakan.

Jadi gampang banget kan naik kereta api sekarang? Ayo manfaatkan waktu liburan atau weekend kamu dengan mencoba naik kereta api untuk menikmati liburan yang lebih menyenangkan.

Sumber : Okezone.com