Berlibur ke suatu tempat tentu saja ingin mempunyai sesuatu yang dapat dikenang selain dokumentasi berupa foto. Seiring perkembangan wisata yang baik, industri kreatif di daerah Gunungkidul turut berkembang dengan menyediakan berbagai souvenir yang dapat dijadikan sebagai ikon daerah tersebut.

 

1. ?Kerajinan Batu Kapur

Sebuah desa dengan nama Desa Wisata Mojo, mempunyai sebuah kreasi yang luar biasa dengan memanfaatkan hasil alam disekitar desa yang begitu melimpah. Desa ini memproduksi aneka kerajinan pahatan namun uniknya yang dipahat adalah batu putih dengan berbagai bentuk hiasan yang sangat menarik. Ada yang berbentuk hiasan untuk dinding rumah , perlengkapan taman, lampu hias, ornament,? patung? dan lain sebagainya dengan bentuk yang unik dan bernilai seni tinggi. Hasil kerajinan desa inipun telah merambah ke luar negeri. ?Silahkan yang berminat untuk mengunjungi desa wisata Mojo di desa Ngeposari, Semanu, Gunung Kidul.

  1. Aneka Kerajinan Cangkang

Destinasi wisata pantai Gunungkidul sudah tidak terhitung, bahkan setiap lekuk pantai menjadi satu nama tersendiri dan menjadi tujuan wisata yang lain.? Dari setiap pantai tersebut cangkang-cangkang kerang yang membuat masyarakat setempat tergerak untuk mengembangkan kreativitas mereka menjadikan cangkang kerang sebagai cindera mata. Dengan begitu, sisi ekonomi masyarakat juga bertambah seiring dengan semakin ramainya pengunjung ke lokasi wisata ini. Berbagai bentuk kreasi seni dari cangkang tersebut diantaranya gantungan kunci, bros, kalung tirai kerang, dan masih banyak bentuk yang lain yang tentunya tidak akan Anda dapatkan di lokasi wisata lain.

 

3. Besi Cor dari Desa Garotan

Berbagai Aneka kerajinan yang terbuat dari besi cor bisa Anda dapatkan di dusun Garotan, Desa Bendung, kecamatan Semin, Gunung Kidul.? Selain itu Desa Wisata Garotan ini juga sebagai lokasi yang yang menarik karena banyak yang bisa dipelajari dilihat, diantaranya kesenian tradisional seperti jathilan, tayub, dan seni karawitan. Untuk Kerajinan yang dapat dipesan di desa ini sudah ada berbagai macam bentuk dan yang paling banyak diminati berupa lampu antik dengan motif jawa kuno atau jaman kolonial, selain itu bentuk lain yang juga sering dipesan yakni berbagai bentuk ornament dan juga kursi.

 

  1. Batik Kayu Desa Bobung

Batik yang selama ini kita kenal hanya pada media kain, di desa Wisata Bobung? Anda akan mendapatkan sebuah kreasi seni batik dengan media kayu. Desa Wisata Bobung terletak di dusun Bobung, desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul. Seni batik pada kayu lebih banyak dituangkan dalam membatik sebuah topeng namun sesuai perkembangan yang ada saat ini tidak hanya membatik topeng saja melainkan sudah berkembang ke bentuk dan model? lain seperti hiasan dinding dan lain sebagainya.?? Hasil produksi desa wisata Bobung saat inipun sudah merambah pasar internasinal.

 

5. Batu Mulia Sawahan, Gunung Kidul

Beberapa waktu lalu, batu akik menjadi booming di hampir seluruh nusantara, dari berbagai daerah menampilkan keindahan berbagai macam batu akiknya dengan berbagai jenis? dan bentuknya. Desa Sawahan menjadi ikon batu akik wilayah Gunung Kidul dengan menampilkan jenis Panca warna, red sawahan, jasper kalsedon, lumut merah, fosil kayu, ginggang, lumut hijau dan masih banyak jenis yang lainnya. Galeri aneka batu bongkahan dan akik berada di jalan utama yang mudah diakses. Silahkan bagi Anda yang gemar dengan Batu Akik bisa mengunjungi galeri tersebut.

 

Sumber : Panduanwisata (dengan sedikit perubahan)