Hamparan pasir putih yang luas mengikuti lekuk tebing dan bukit kehijauan. Inilah daya tarik Pantai Ngrumput yang meski garis pantainya tak panjang, tetap memesona para penjelajah pantai.

Pantai Ngrumput terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini memiliki pasir putih yang indah. Di sekitarnya Anda dapat menemukan barisan tebing tinggi, lorong gua, dan karang bolong.

Pasir putih kecokelatan di Pantai Ngrumput berbulir agak besar mirip bubuk merica. Di sekitar bibir pantai tersebar batu-batu karang.

Sementara di bagian yang menjorok ke dalam tebing, terdapat hamparan pasir cukup luas dan datar. Biasanya area ini dimanfaatkan pelancong untuk menggelar tenda.

Tak jauh dari Pantai Ngrumput, Anda dapat mendaki Bukit Kosakora di sebelah timur pantai. Bukit Kosakora adalah puncak tertinggi di kawasan perbukitan sekitar Pantai Drini dan Pantai Ngrumput.

Dari atas bukit, berketinggian sekitar 50 meter di atas permukaan laut ini, Anda bisa melihat pemandangan indah lekuk pantai tersembunyi ini. Pemandangan matahari terbit dan terbenam di titik ini sering jadi sasaran para pembidik foto panorama.

Ada pula pelancong yang memilih untuk mendirikan tenda di area Bukit Kosakora. Menikmati pemandangan jajaran perbukitan dan pantai-pantai di sepanjang pesisir Gunungkidul.

Sumber: Beritagar.id