Nah, berbeda dengan menumpangi kereta, setelah Anda membeli tiket pesawat maka tiket Anda nantinya akan ditukar dengan sebuah kartu yang menandakan bahwa Anda telah melakukan check in dan segala proses untuk masuk ke dalam pesawat. Anda akan mendapatkan boarding pass. Boarding Pass ini hampir sama seperti tiket. Ada dua bagian boarding pass dengan konten yang sama, satu bagian akan diambil oleh petugas dengan cara dirobek dan sisanya akan Anda terima. Boarding pass yang dikeluarkan tiap maskapai penerbangan berbeda-beda bentuknya, ada yang terbuat dari kertas yang tebal seperti Garuda dan ada yang dibuat hanya dengan kertas, semua tergantung kebijakan setiap maskapai penerbangan. Lalu bagaimana cara membaca boarding pass?

Secara umum, poin-poin yang ada di boarding pass hampir sama dengan apa yang ada di tiket pesawat. Baik, ayo ulas sekarang!

1. nama penumpang

Hampir sama seperti di tiket pesawat, nama penumpang sesuai dengan apa yang ada di kartu identitas penumpang tersebut, seperti KTP, Paspor, SIM dan lain sebagainya, persis seperti saat Anda hendak memesan tiket kereta api. Ingat, kalau Anda tidak mau repot-repot berurusan dengan pihak maskapai penerbangan maka cantumkanlah nama Anda sesuai dengan kartu identitas Anda. Jika Anda memesan atau melakukan reservasi secara langsung kepada agen tiket pesawat, maka Anda biasanya hanya perlu memberikan kartu identitas Anda saja.
2. Nomor penerbangan (flight number)

Nomor penerbangan hampir sama dengan yang tertera di tiket pesawat. Setiap penerbangan memiliki nomor penerbangannya sendiri untuk memudahkan pihak administrator maskapai dalam proses mendata pesawat yang akan melakukan penerbangan.
3. Kelas (class)

Kelas menunjukkan tingkatan reservasi Anda, apakah Anda memilih kelas ekonomi, bisnis atau eksekutif. Sama seperti pada tiket kereta api, setiap kelas memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Biasanya, pada penerbangan, kelas eksekutif mendapatkan jatah makanan yang disediakan oleh pihak penerbangan. Pada kelas bisnis, Anda akan mendapatkan kenyamanan kabin namun tidak dengan fasilitas makanan, dan pada kelas ekonomi biasanya Anda akan menikmati fasilitas seadanya yang disediakan pihak maskapai penerbangan.
4.Tanggal

Tanggal menunjukkan tanggal keberangkatan Anda. Sama seperti yang tertera di tiket pesawat. Anda harus cermat dalam membacanya, jangan sampai ketinggalan pesawat karena salah lihat tanggal ya!
5. Jam

Jam menunjukkan waktu kapan pesawat yang Anda tumpangi akan berangkat atau take off dan kapan pesawat akan mendarat atau landing. Sama seperti yang tertera di tiket pesawat, standar waktu yang dipakai adalah local time, yaitu WIB untuk yang berada di daerah Indonesia bagian barat, WITA untuk yang berada di daerah Indonesia bagian tengah, dan WIT untuk yang berada di daerah Indonesia bagian timur.
6. Asal kota keberangkatan

Asal kota keberangkatan yaitu kota dimana Anda sebagai penumpang akan berangkat. Selain kota, ada juga yang mencantumkan asal kota dengan mencantumkan kode kota tersebut.
7. Kota tujuan

Kota tujuan yaitu destinasi Anda dalam melakukan penerbangan, sama seperti yang tertera pada tiket, biasanya kota tujuan ditulis langsung atau menggunakan kode.
8. Nomor tempat duduk

Nah, nomor tempat duduk ini berguna sebagai klaim Anda untuk duduk di kursi di dalam kabin pesawat. Sama seperti tiket kereta api. Nomor kursi ini terdiri dari digit angka dan huruf. Misalnya, 13B. Anda hanya perlu mencari kursi dengan nomor yang tertera tersebut.
9. Berat bagasi

Berat bagasi ditunjukkan dalam satuan kilogram (kg). Berat bagasi merupakan akumulasi dari benda-benda yang Anda bawa. Sebelum Anda membeli tiket pesawat, tentunya Anda pernah menemui fasilitas bagasi gratis yang dikeluarkan oleh maskapai penerbangan tertentu. Fasilitas bagasi gratis ini biasanya berkisar antara 10 kg sampai 15 kg. Fasilitas ini tentunya akan menguntungkan bagi Anda sehingga Anda tidak perlu lagi membayar biaya bagasi untuk koper dan tas-tas Anda.
10. Pintu (gate)

Ada informasi mengenai pintu atau gate yang berfungsi menunjukan dari pintu sebelah mana Anda masuk dan pintu sebelah mana Anda keluar.
11.Jumlah bagasi

Jumlah bagasi berkaitan dengan fasilitas bagasi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jumlah bagasi ditunjukkan dalam satuan pcs.

Nah, begitulah cara membaca boarding pass. Tidak terlalu berbeda dari tiket pesawat, karena pada dasarnya boarding pass memang penyederhanaan tiket pesawat itu. Uniknya, Anda bisa loh, menyimpan boarding pass tersebut sebagai kenang-kenangan. Boarding pass yang telah Anda dapatkan dapat Anda kumpulkan sebagai bukti bahwa Anda pernah melakukan perjalanan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri.