Satu lagi tempat tujuan rekreasi di Lumajang yang akan saya bagikan kepada pembaca tercinta. Ini adalah Danau Ranu Kumbolo. Danau ini adalah salah satu tempat rekreasi eksotis yang harus dikunjungi ketika kita pergi di sekitar Gunung Bromo.

Danau Ranu Kumbolo terletak di desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Ini adalah salah satu dari tiga danau di desa Ranu Pani, danau-danau tersebut antara lain Ranu Kumbolo, Ranu Pani dan danau Ranu Regulo. Danau-danau tersebut adalah bagian dari Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru.

Danau Ranu Kumbolo adalah danau yang indah yang memiliki pemandangan eksotis di Gunung Semeru, Jawa Timur, Indonesia. Letaknya di lereng Gunung Semeru. Ranu Kumbolo adalah danau dengan ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Danau ini terlihat seperti mangkuk yang menampung air dari bukit yang mengelilinginya. Suhu di danau itu sangat dingin, mendekati 15 derajat Celcius. Saat pagi datang, tampaknya uap air akan tercipta di permukaan. Dengan latar belakang matahari terbit dari tengah dua bukit yang berdekatan.

Ranu Kumbolo biasanya dikunjungi oleh para pendaki dalam perjalanan dari Ranu Pani ke puncak Gunung Semeru. Pemandangan yang bagus, iklim yang bersahabat dan air bersih memberikan kondisi sempurna untuk berkemah dan menikmati danau tersebut. Untuk menuju Ranu Kumbolo Anda dapat mengambil jalan dari Lumajang, Tumpang atau Bromo Massive ke desa Ranu Pani. Dari desa Anda harus berjalan sekitar 2,5 jam dengan jalan setapak ke Ranu Kumbolo. Waktu terbaik untuk mengunjungi Tengger Massive adalah dari bulan April hingga November sedangkan bulan Juli dan Agustus adalah musim untuk wisatawan domestik mendaki Gunung Semeru dan berkemah di tepi danau.

Ketika Anda sudah tiba di Ranu Kumbolo, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Perpaduan pepohonan hijau, semak belukar, langit biru memberikan suasana ketenangan dan kedamaian di daerah tersebut. Danau Ranu Kumbolo benar-benar merupakan tempat yang sempurna untuk relaksasi.

Ranu yang berarti danau dan Kumbolo berarti berkumpul, jadi Ranu Kumbolo adalah danau untuk tempat berkumpul. Hal ini dapat dilihat bahwa di Ranu Kumbolo digunakan sebagai tempat berkumpul bagi para pendaki untuk beristirahat atau menghabiskan malam sebelum melanjutkan pendakian ke puncak Gunung Semeru atau Mahameru. Ada yang menarik di area ini. Di depan danau kumbolo, ada jalan 45 derajat, dan memiliki julukan “Tanjakan Cinta”. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk mendaki bukit ini, ketika Anda mencapai ujung tanjakan cinta, Anda akan melihat indahnya pemandangan dari atas.

Setelah mendapatkan informasi tentang pemandangan eksotis danau Ranu Kumbolo yang saya berikan di atas, mengapa Anda tidak berencana untuk pergi ke sana? Silakan buat rencana pergi ke sana dan nikmati panorama danau yang indah bersama kami Travelista.