Saat duduk di ruang tunggu bandara sambil menanti waktu boarding pernah nggak kamu memperhatikan wujud pesawat yang akan kamu naiki? Kalau dipikir-pikir, ternyata pesawat memiliki warna dominan putih. Hampir semua maskapai memakai warna ini, meskipun ditambah dengan sedikit motif dan dekorasi warna-warni. Ternyata pemilihan warna putih ini tidak sembarangan loh. Dari segi ilmiah dan ekonomi, warna putih punya banyak keuntungan untuk pesawat terbang. Bahkan warna putih juga punya peran penting untuk keselamatan para penumpang. Dilansir Grid.ID dari Curiosity, inilah 5 alasan kenapa pesawat warnanya putih.

Menjaga suhu dingin di dalam kabin

Menurut ahli MIT Aeronautics dan Astronautics, professor R. John Hansman, warna putih ternyata bersifat termal. Warna putih bisa jadi reflektor yang baik dari sinar matahari. Tak seperti warna hitam, warna putih tidak akan menyerap suhu panas yang dikeluarkan matahari. Hal inilah yang membuat kabin di dalam pesawat tetap sejuk dan membuat para penumpang nyaman. Keuntungan lainnya, para penumpang juga tidak akan terpapar sinar radiasi secara langsung.

Mudah terdeteksi mata burung

Menurut studi yang dilakukan oleh Purdue University dan National Wildlife Research Center tahun 2011, mata burung lebih mudah mendeteksi pesawat berwarna putih. Hal ini sangat penting, mengingat sudah berkali-kali terjadi kecelakaan pesawat akibat tabrakan dengan kawanan burung di udara. Pesawat warna putih lebih jarang mengalami tabrakan dengan kawanan burung dibandingkan dengan pesawat berwarna biru tua atau biru muda.

Lebih mudah mendeteksi kerusakan pesawat

Body pesawat yang berwarna putih akan memudahkan tim teknisi untuk mendeteksi kerusakan. Dengan body pesawat yang berwarna putih, mereka bisa melihat dengan jelas goresan, retakan, lubang, atau penyok di body pesawat. Bukan hanya itu, warna putih juga bisa memperlihatkan tanda korosi dan bintik-bintik kebocoran minyak.

Warna putih itu lebih ekonomis

Untuk mengecat seluruh body pesawat, kita memerlukan lebih dari 65 galon cat. Daripada membuang uang untuk mengecat seluruh body pesawat, perusahaan lebih memilih warna putih yang lebih original. Nggak cuma untuk keamanan, warna putih juga jauh lebih murah, simpel, dan eye catching kan?

Pesawat warna putih lebih cepat laku kalau dijual lagi

Mengecat ulang pesawat membutuhkan waktu yang lama loh. Paling tidak butuh waktu 7 hari untuk mengecat keseluruhan bodynya. Belum lagi anggaran dana yang harus digelontorkan pihak maskapai untuk perawatan body pesawat yang warna-warni. Pasti makin banyak dong modal yang dikeluarkan? Karena itulah, pihak maskapai lebih memilih warna putih yang lebih efisien. Satu lagi, pesawat yang berwarna putih biasanya lebih cepat laku dijual lagi. Kenapa? karena warna putih nggak akan gampang pudar. Selain itu, membeli pesawat berwarna warni berarti harus mengecat ulang body pesawat dengan warna putih lagi.

Sumber : Tribunnews.com