Mengajak anak-anak pergi berlibur, adalah hal yang menyenangkan ditengah kesibukan sekolah dan bekerja. Semakin banyaknya aktivitas anak di lingkungan sekolah, pasti mereka juga meresakan jenuh dan lelah. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua dan guru harus peka tentang masalah tersebut, dan kita juga harus pandai membuat suasana hati anak-anak kembali ceria dan bersemangat. Salah satunya yang bisa kita lakukan adalah dengan mengajak mereka berlibur. Tapi ingatlah untuk tetap menjaga kualitas liburan yang hendak kita berikan kepada anak-anak. Tempat wisata yang akan kita kunjungi sebaiknya juga memberikan wawasan pengetahuan yang baik bagi mereka.

Liburan itu bukanlah sesuatu yang harus mahal, mewah atau bahkan keluar negeri dan ke tempat rekreasi yang terkenal di dunia. Kali ini Travelista akan memberikan beberapa informasi tempat wisata edukasi yang tidak hanya menghibur anak, tapi juga bisa membuat anak mendapatkan ilmu dan informasi yang bermanfaat. Langsung saja berikut ini daftar tempat wisata edukasi yang ada di Bandung:

  1. Farmhouse Lembang

Di tempat wisata ini anak-anak bisa merasakan sejuknya alam bagaikan di bumi Eropa. Selain cocok dijadikan tempat wisata edukasi untuk anak, tempat ini juga sangat pas untuk dikunjungi bersama keluarga besar saat hari libur. ?Apalagi konsep dari tempat ini alami namun tetap modern, sehingga setiap pengunjung akan sangat nyaman untuk berada disini.

  • Farmhouse Lembang Bandung masih satu tempat dengan De Ranch, Wisata Floating Market Lembang dan juga Rumah Sosis. Oleh sebab itulah sistem pembelian tiketnya sama dengan tempat wisata tersebut. Selain itu ketika kita membeli tiket di Farmhouse Lembang Bandung, setiap tiket yang kita beli tersebut bisa ditukarkan dengan 1 cup susu sapi atau sosis bakar. Disini anak-anak juga akan diperkenalkan dengan berbagai macam satwa seperti kelinci, burung, kambing dan lain sebagainya. Mengenalkan anak tentang hewan adalah sesuatu hal yang menyenangkan bagi mereka, karena dengan begitu mereka akan mendapatkan informasi baru yang akan mereka ingat hingga nanti. Tidak hanya mengenalkan jenis hewan saja, tapi wisata Farmhouse Lembang ini juga mengajarkan anak untuk menyayangi hewan dan melindungi hewan dari gangguan manusia yang tidak bertanggung jawab. Dengan begitu secara otomatis didalam pikiran anak akan tertanam, jika meyayangi sesame makhluk adalah sesuatu hal yang penting. Berikut ini merupakan informasi singkat mengenai Farmhouse Lembang Bandung:
  • Alamat : Jalan Raya Lembang No. 108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391, Indonesia
  • Harga Tiket : Rp. 20.000,- / Parkir Rp. 5.000,- hingga Rp. 10.000,-
  • Jam Buka : 09.00 ? 21.00 WIB
  • Akses : Bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.
  • Kegiatan Farm House Lembang : Berternak, Berkebun, Panen, Bersepeda, Memancing, dsb.

?

  1. Taman Bunga Begonia Lembang

Wisata edukasi untuk anak berikutnya adalah Taman Bunga Begonia Lembang. Taman ini resmi dibuka pada Januari 2014, dan taman ini berdiri di atas lahan kurang lebih sekitar 2 Hektar. Tempat ini juga menyediakan berbagai tanaman hias, baik untuk indoor maupun outdoor. Selain itu tanaman yang ada di Begonia Lembang ini mampu tumbuh di dataran tinggi maupun di dataran rendah.

Disini anak-anak bisa belajar mengenal jenis tanaman, dan juga manfaat dari tanaman tersebut bagi manusia. Selain itu anak-anak juga bisa belajar mengenal nama bunga-bunga yang ada disini. Taman Bunga Begonia Lembang memiliki berbagai macam jenis bunga , misalnya saja seperti? Bunga Balinea, Bunga Celosia, Bunga Cosmos, Bunga Dianthus, Bunga Gloxinia, Bunga Geranium, Bunga Gomphrena, Bunga Gypsophila, Bunga Helianthus, Bunga Melampodium, Bunga Impatiens, Bunga Marigold, Bunga Petunia,Bunga Salvia dan masih banyak bunga yang lainnya. Selain mengenal nama bunga, anak-anak juga bisa belajar bagaimana cara merawat tanaman yang baik dan benar. Mereka akan diajarkan bagaimana cara memberikan pupuk yang benar, berapa jumlah air yang diberikan pada tanaman dan lain sebagainya. Wisata edukasi Taman Bunga Begonia Lembang ini memberikan banyak sekali manfaat bagi anak-anak, bahkan tidak hanya anak-anak saja tapi juga kita sebagai orang dewasa. Intinya dengan mengajak anak kesini, kita bisa mengenalkan tentang seluk beluk tanaman dan cara perawatannya yang baik dan benar.

  • Alamat : Jl. Raya Maribaya No.105, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391, Indonesia
  • Harga Tiket : Rp. 10.000,-
  • Jam Buka : 08.00 ? 17.00 WIB
  • Akses : Bisa dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.
  • Kegiatan Taman Bunga Begonia : Berkebun, Belajar Merawat Tanaman, Cara Menanam Tanaman, Dll.
  1. De Ranch

Wisata edukasi bersama anak selanjutnya adalah De Ranch, alias tempat wisata tunggang kuda. De Ranch resmi dibuka pada Desember 2007. Tempat ini memiliki konsep American Cowboy, serta memadukan hal tersebut dengan alam yang asri di Bandung. Sang pemilik berharap jika pengunjung dapat merasakan betapa serunya menjadi seorang Cowboy ala Amerika. Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa menunggang kuda di De Ranch ini, tapi anak-anak juga bisa merasakan serunya menjadi cowboy cilik.

Disini kita bisa menggunakan kuda untuk berkeliling menjelajahi De Ranch. Selain itu, kita juga akan menggunakan kostum ala cowboy. Anak-anak juga bisa menunggangi kuda dengan berkeliling De Racnh, mereka bisa menunggang kuda sambil melewati peternakan sapi, perkebunan, peternakan kuda dan padang rumput. Anak-anak juga akan belajar untuk mengenal alam lebih jauh lagi, karena disini mereka akan bersentuhan langsung dengan alam.

Selain mengenal alam lebih dekat, disini juga ada permainan Balon Air, Peti Luncur, Memancing di Kolam dan berbagai kegiatan lainnya. Permainan-permainan yang ada disini juga mampu melatih kesabaran, ketangkasan, juga gerak motorik anak, misalnya saja dengan adanya kegiatan membuat kue khas De Ranch, memerah sapi, menunggang kuda dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah mengapa De Ranch menjadi pilihan wisata edukasi yang tepat untuk anak-anak.

  • Alamat : Jl. Raya Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391, Indonesia
  • Harga Tiket : Rp. 10.000,-
  • Hari Buka : Selasa ?Minggu
  • Jam Buka : 08.00 ? 17.00 WIB
  • Akses : Bisa dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.
  • Kegiatan De Ranch : Berkuda, Berkebun, Merawat Hewan, Membuat Kue De Ranch, Berternak, dsb.
  1. Padepokan Dayang Sumbi

Wisata edukasi berikutnya adalah Padepokan Dayang Sumbi Bandung. Tempat wisata ini sangat menarik sekaligus bermanfaat baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Padepokan Dayang Sumbi berdiri pada tahun 2005, dan diprakarsai oleh Ir. Wibowo Moerdoko C Text FTI (Alm). Wisata Edukasi ini sengaja dibangun untuk menambah wawasan masyarakat Indonesia mengenai Sutera. Di tempat ini, kita bisa melihat langsung bagaimana wujud Ulat Sutera, cara merawatnya serta proses pengolahan menjadi kain sutera.

Padepokan Dayang Sumbi menyuguhkan berbagai macam kegiatan yang sangat bermanfaat. Disini anak-anak akan belajar langsung untuk mengenal Ulat Sutera, cara merawat dan memberi makan Ulat Sutera. Mereka juga bisa memegang Ulat Sutera, tetapi harus tetap ada pendamping atau pengawas.

Selanjutnya mereka akan ditunjukkan tentang manfaat Ulat Sutera, cara mengolah benang-benang sutera yang akan dijadikan sebuah kain dengan cara ditenun. Dengan adanya pembelajaran tersebut, diharapkan mereka dapat memahami dan dapat membudi dayakan Ulat Sutera di masa yang akan datang.

  • Alamat : Jl. Arcamanik Sindanglaya KM 4, Kp. Pamoyanan, Mekarmanik, Cimenyan, Mekarmanik, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40196, Indonesia
  • Harga Tiket : Rp. 85.000,-
  • Hari Buka : Senin ? Minggu
  • Jam Buka : Sesi 1 : 09.00-11.00 / Sesi 2 : 12.00-14.30
  • Akses : Akses bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.
  • Kegiatan Padepokan Dayang Sumbi : Mengenal ulat sutera, Penenunan Kain Sutera, Tangkap Jangkrik, Bemain dengn Kelinci, Dll.
  1. Jendela Alam

Jendela Alam merupakan salah satu tempat yang cocok untuk liburan si kecil. Jendela Alam menyuguhkan berbagai macam kegiatan wisata edukasi yang menarik dan menyenangkan. Ketika membawa anak-anak ke tempat ini, pastikan mereka dalam kondisi yang fit. Karena di sini mereka akan melakukan berbagai kegiatan bermain sambil belajar yang menyenangkan. Nereka akan diajarkan cara berkebun, sehingga mereka akan mendapat ilmu cara merawat tanaman dan memanen tanaman. Selain itu mereka juga akan diajarakan cara merawat binatang. Dengan adanya kegiatan tersebut dapat mengajarkan anak tentang kasih sayang, peduli, dan tanggung jawab sasame makhluk Tuhan.

  • Alamat : Komplek Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri Km. 4,5, Cihideung, Parongpong, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559, Indonesia
  • Harga Tiket : Rp. 15.000 ? Rp. 20.000,-
  • Hari Buka : Senin ? Minggu
  • Jam Buka : 09.00 ? 16.00 WIB
  • Akses : Bisa dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi
  • Kegiatan Jendela Alam : Berkebun, Berternak, Panen Telur, Panen Buah, Memberi Makan Hewa, Bermain Harta Karun, Membuat Yoghurt, Membuat Cincau, Menyusui Hewan, Flying Fox dan lain sebagainya.
  1. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung udjo didirikan pada tahun 1966 dan diprakarsai oleh Udjo Ngalagena bersama Uum Sumiati sang istri tercinta. Beliau menciptakan saung tersebut untuk mengenalkan dan mengajak semua generasi untuk mengenal, mencintai dan mengembangkan budaya Indonesia. Di tempat ini anak-anak akan diperkenalkan tentang alat musik Angklung dan diajari cara memainkan alat musik tersebut dengan lagu daerah serta menyaksikan Pertunjukan Angklung. Slain adanya Pertunjukan Angklung, ada juga pertunjukan tentang kesenian dari Jawa Barat lainnya.

  • Alamat : Jalan Raya Lembang No. 108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391, Indonesia
  • Harga Tiket : Rp. 20.000,- / Parkir Rp. 5.000,- hingga Rp. 10.000,-
  • Jam Buka : 09.00 ? 21.00 WIB
  • Akses : Bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.
  • Kegiatan Farm House Lembang : Berternak, Bekebun, Panen, Bersepeda, Memancing, dsb.
  1. Kebun Strawberry Ciwidey Bandung

Di tempat wisata ini anak-anak akan diajarkan mengenai seluk-beluk buah Strawberry, cara memetik Buah Strawberrty yang benar tanpa merusak buah atau pohonnya. Mereka juga akan diajarkan cara merawat tanamn Strawberry yang tepat seperti cara memberi air, memberi pupuk dan memilah Strawberry yang berkualitas bagus atau kurang bagus. Dengan adanya kegiatan tersebut maka anak-anak akan mendapat pengetahuan tambahan dan lebih mudah memahami serta mengingatnya karena mereka mempraktikkannya secara langsung. Tidak hanya untuk anak-anak saja, namun kita sebagain orang tua juga mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Oleh karena itu, tempat wisata edukasi ini cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak.

Jika Anda ingin berkunjung ke sana lebih baik berkunjung pada saat musim kemarau. Karena ketika musim kemarau buah Strawberry yang dihasilkan berkualitas bagus, tidak mudah rusak dan busuk. Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke tempat wisata Kebun Strawberry Ciwidey Bandung karena aksesnya akan lebih mudah dibanding menggunakan kendaraan umum yang hanya tersedia di jam-jam tertentu.

  • Alamat : Jl. Ciwidey ? Bandung , Indonesia
  • Harga Tiket : Mulai Rp. 5.000,- ( harga bervariatif )
  • Hari Buka : Setiap Hari
  • Jam Buka : ?
  • Akses : Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi agar nyaman.
  • Kegiatan Kebun Strawberry Ciwidey Bandung : Memetik Strawberry, Merawat Strawberry, Menyiram Strawberry.
  1. Bandung Science Centre

Wisata edukasi di Bandung untuk anak selanjutnya adalah Taman Lalu Lintas. Taman Lalu Lintas ini dulunya bekas Markas Komando Militer pada zaman Hindia Belanda. Seiring berjalannya zaman tempat ini diubah menjadi tempat rekreasi yang bermanfaat untuk masyarakat, terutama untuk anak-anak usia dini bahkan orang dewasa. Disini anak-anak bisa menaiki sepeda, kereta api dan permainan lainnya.

Anak-anak akan di ajarkan tentang rambu-rambu lalu lintas dengan benar. Hal ini dijadikan aktivitas utama di Taman Lalu Lintas guna membangun karakter generasi muda, yang baik dimasa mendatang dalam berlalu lintas di jalan raya. Tempat rekreasi ini juga cukup aman untuk anak-anak, karena disini ada banyak petugas keamanan yang selalu siap siaga dalam segala situasi dan kondisi. Bagi orang tua yang ingin mengajarkan anak tentang kedisiplinan, maka Taman Lalu Lintas Bandung ini adalah tempat liburan yang cocok untuk mereka.

  • Alamat : Jalan Belitung No.1, Merdeka, Sumur Bandung, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113, Indonesia
  • Harga Tiket : Rp. 7.000,-
  • Hari Buka : Setiap Hari ( Hari Jumat Tutup )
  • Jam Buka : 08.00 ? 15.00 WIB
  • Akses : Bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum maupun pribadi
  • Kegiatan Taman Lalu Lintas : Bersepeda, Naik Kereta, Belajar Rambu Lalu Lintas, dan lain sebagainya.
  1. Taman Lalu Lintas

Tempat ini di resmikan sejak tahun 2014 lalu, dengan tujuan untuk mengembangkan pengetahuan anak atau masyarakt tentang ilmu science. BSC memberikan banyak sekali pengetahuan yang bermanfaat untu anak-anak, dan bahkan informasi yang akan mereka dapat bisa di aplikasikan sendiri dalam kehidupan sehari-hari.

Disini anak-anak bisa memilih akan masuk ke dalam wahana yang mereka inginkan, karena disini terdapat banyak sekali wahana yang berhubungan dengan science. Misalnya saja seperti Ruang Bumi (Earth Room), Ruang Perakitan (Assembly Hall), Ruang Audio Visual (Audio Visual Room), Ruang Fisika Dasar (Basic Physics Room), Ruang Fisiologi (Physiology Room), Ruang Robotik (Robotics Room), Ruang Geologi (Geologi Room), Ruang Kimia (Chemistry Room), Ruang Astronomi (Astronomy Room), Ruang Ilusi Optik (Optical Illusion Room) dan masih banyak lagi wahana yang lainnya. Dengan mengajak anak kesini, anak akan lebih paham tentang science lebih mudah dan menyenangkan.

  • Alamat : Jl. Sirnagalih No.15, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40161, Indonesia
  • Harga Tiket : Rp. 45.000,-
  • Hari Buka : Senin ? Minggu
  • Jam Buka : 08.00 ? 17.00 WIB
  • Akses : Mudah dijangkau menggunakan kendaran umum maupun kendaraan pribadi
  • Kegiatan BSC : Bermain sambil belajar tentang ilmu scince dan teknologi modern.

Sumber: https://tempatwisataunik.com/info-wisata/wisata-edukasi/wisata-edukasi-di-bandung